RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP N 2 Jakarta
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/Satu
Tema : Aljabar
Alokasi Waktu : 2x40 menit ( 1 pertemuan )
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
Membuat sketsa grafik fungsi alabar sederhana pada system koordinat
Cartesiusnya.
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Siswa mampu :
I.
Menyusun tabel pasangan
nilai peubah dengan nilai fungsi
II.
Menggambar grafik fungsi
pada coordinat Cartesius
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui proses mencoba,
mengasosiasi, dan mengomunikasikan peserta didik dapat:
1. Menghitung
nilai f(x) dengan tabel nilai fungsi dan membuat sumbu koordinat cartesius
yaitu sumbu x dan sumbu y
2. Menggambar
grafik fungsi dalam koordinat cartesius
E. Materi Ajar
Menggambar grafik fungsi dalam koordinat cartesius
F. Pendekatan dan
Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Model
Pembelajaran : inquiry
3.
Metode :Ceramah,diskusi
kelompok,tanya jawab, dan
penugasan
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa
merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2. Siswa
menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi
yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
3. Siswa
menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat,
dan langkah pembelajaran serta metode
yang akan dilaksanakan
|
5 menit
|
Inti
|
Mengamati
1. Mengamati dan mencermati Menghitung
nilai f(x) dengan tabel nilai fungsi dan membuat sumbu koordinat cartesius
yaitu sumbu x dan sumbu y
2. Siswa memperhatikan karakteristik gambar yang disajikan.
Menanya
Siswa mendiskusikan tentang
karakteristik gambar yang diamati.
Menalar
1. Siswa
mencari contoh lain permasalahan nyata yang berkaitan dengan grafik fungsi dalam koordinat cartesius
2. Siswa
membandingan karakteristik gambar dan permasalahan kehidupan
nyata
Mencoba
1. Setiap
kelompok mendeskripsikan pengertian tentang grafik fungsi dalam koordinat kartesius
Mengasosiasi
1. Siswa
menghubungkan antara pengertian grafik fungsi dalam koordinat kartesius
dari masing-masing kelompok.
2. Siswa menyimpulkan
pengertian
fungsi dalam koordinat kartesius
3. Guru
membimbing/menilai kemampuan siswa dalam melakukan aktifitas dan merumuskan kesimpulan
Mengomunikasikan
1. Siswa
menyampaikan kesimpulan tentang pengertian grafik fungsi dalam koordinat kartesius
2. Guru
memberi penguatan terhadap kesimpulan yang disampaikan siswa
3. Guru
menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan
|
30
menit
15
menit
10
menit
10
menit
20
menit
15 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
menyimpulkan materi yang telah dipelajari
2. Siswa
merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan
penguasaan materi.
3. Siswa
melakukan evaluasi pembelajaran.
4. Siswa
saling memberikan umpan balik hasil evaluasi pembelajaran yang telah dicapai.
5. Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam
menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan fungsi eksponen dan
logaritma
6. Melaksanakan postes
7. Siswa
mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
|
20 meit
|
H. Alat/Media/Bahan
1.
Alat/media : Model
grafik fungsi
2. Bahan ajar :Buku Matematika pegangan
guru, Buku Matematika
pegangan siswa
I.
Penilaian
Teknik penilaian:
- Tes unjuk kerja (keterampilan):
- Menyelesaikan LKS yang telah diberikan oleh guru secara berkelompok
Nilai Akhir = Jumlah Perolehan Skor : Jumlah Sekor Maksimum
Pengamatan sikap
(sikap):
Selama proses
pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat peserta didik melakukan
aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran,
yaitu tanggung jawab, saling bekerjasama, dan tidak mudah menyerah dalam
memecahkan masalah
Keterangan:
Berikan tanda cek (
√ ) pada kolom yang sudah disediakan (
SB,B, C, K),setiap peserta
ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap
perilaku yang di cek
Kuis/embedded
test (pengetahuan):
Menjawab pertanyaan secara tertulis
Keterangan:
Penilaian terhadap
kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Nilai Akhir = Jumlah Perolehan Skor : Jumlah Sekor Maksimum
- Nilai akhir
yang diperoleh siswa = nilai unjuk kerja (keterampilan) + nilai kuis
(pengetahuan) dan dilengkapi dengan nilai sikap
J. Sumber Belajar
1.
Buku Matematika pegangan siswa
Kemendikbud Tahun 2013
2.
Buku Matematika pegangan guru
Kemendikbud Tahun 2013
Jakarta, 25 November 2013
Guru Mata Pelajaran
Matematika
Nurul
Fitriah
NIP.
1101125131
0 komentar:
Posting Komentar